Sabtu, 07 April 2012

Selama 30 Tahun M Nurdin Merindukan Kaki Pengganti



Beberapa warga Deliserdang penderita cacat dan tuna netra, mengaku merasa bahagia. Pasalnya, Pembina Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) Dr RE Nainggolan MM dan Bupati Deliserdang H Amri Tambunan menggelar acara pemasangan dan pengukuran kaki/tangan palsu (pengganti), serta pemberian tongkat kepada tuna netra, Senin (27/2) di Kantor Dinas Sosial Pemkab Deliserdang.


Rasa haru dan bahagia diutarakan M Nurdin (58) penjual buah saat menerima kaki palsu dari RE Naninggolan dan Bupati Deliserdang diwakili Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars. M Nurdin menuturkan, dirinya sudah 30 tahun merindukan kaki pengganti. “Kalau beli saya tidak mampu Pak, karena saya hanya penjual buah dan hasilnya tidak seberapa,” kata M Nurdin sembari berlinang air mata saat menerima kaki palsu tersebut dari RE Nainggolan.

Dia menceritakan, kalau kakinya cacat akibat ditabrak truk 30 tahun lalu di Firdaus Rampah, Serdang Bedagai (Sergai) saat berjualan buah. “Saya sempat frustasi, namun berkat dorongan dari keluarga, saya kembali tegar menghadapi cobaan ini dan berharap suatu saat memiliki kaki pengganti. Mimpi itu kenyataan berkat RE Nainggolan dan Amri Tambunan,” katanya seraya mengucapkan terimakasih berulang-ulang kepada kedua tokoh Sumut tersebut.

M Nurdin datang ke acara pelayanan gratis tersebut dari adiknya seorang guru SMA. “Padahal banyak orang kaya yang memiliki harta berlimpah tapi hanya sedikit yang memiliki kepedulian, seperti RE Nainggolan dan Amri Tambunan,” ujarnya.

Senada juga disampaikan para warga lainnya yang datang mengukur dan memasang kaki/tangan palsu pada hari itu seraya berharap acara itu dapat berlanjut terus.

RE Nainggolan menyampaikan, dirinya sangat bangga terhadap Bupati Deliserdang H Amri Tambunan dan Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars yang konsen dan peduli terhadap kesehatan warganya, khususnya warga Deliserdang yang menderita cacat dan tuna netra. “Berkat dukungan dari Bupati Deliserdang H Amri Tambunan dan Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars dalam menyediakan tempat di Kantor Dinas Sosial Deliserdang ini, kegiatan yang mulia ini dapat terselenggara dengan baik,” paparnya.

Mantan SekdaPropsu ini menjelaskan, kalau YSKI sudah berdiri 7 tahun lalu dan telah memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat Sumut sebanyak 100.000 orang lebih, seperti pemberian kaki dan tangan palsu, operasi bibir sumbing/langit-langit, katarak, pembuatan lubang anus pada bayi, pemberian kaca mata baca gratis, operasi hernia, dan lain-lain.

RE menjelaskan, kalau dalam waktu dekat YSKI juga akan menggelar pengobatan gratis, khususnya bagi penderita katarak di Lubuk Pakam. “Pada 1 April 2012 kita akan melakukan operasi katarak di Rumah Sakit Patar Asi. Silahkan datang dan segara daftar ke Rumah Sakit Patar Asi dengan gratis,” himbau RE Nainggolan.

Kemudian, lanjut R E Nainggolan, skrining katarak atau pra operasi di Araskabu pada 8 Maret 2012, Pasar Melintang pada 15 Maret 2012, Galang pada 22 Maret 2012, Perbaungan (Simpang Penara) pada 29 Maret 2012, di Klinik Balai Pengobatan Bethel Lubuk Pakam pada 31 Maret 2012.

Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars menyampaikan ucapan terimakasih kepada YSKI dan Pembina YSKI Dr R E Nainggolan MM. “Karena mayarakat Deliserdang khususnya yang kurang mampu sekian lama menunggu uluran seperti ini, dan baru terwujud pada Senin ini. Kami juga berharap kerja sama ini berjalan terus, dan tentunya bukan juga pengobatan gratis lainnya,” harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar