Rabu, 08 Februari 2012

Peringati HUT ke-60 : FK USU dan YSKI Gelar Bakti Sosial di Tapsel dan Madina


DALAM rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-60, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) jalin kerja sama dengan Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) menggelar acara bakti sosial dan pengobatan gratis di Sipirok, Padangsidimpuan dan Penyabungan (Tapsel dan Madina).
Untuk mendukung bakti sosial dan pengobatan gratis ini, Pembina YSKI Dr. R E Nainggolan bersama pengurus YSKI drg. Annita menyerahkan bantuan berupa kaca mata baca dan tongkat untuk tuna netra. Dukungan lainnya, tim YSKI akan ikut langsung terjun ke lapangan untuk membantu tim FK USU termasuk untuk mendata masyarakat yang membutuhkan kaki palsu dan tangan palsu.
Bantuan YSKI diterima langsung oleh Dekan FK USU Prof. Gontar A Siregar, Pudek II dr. Zaimah Tala MS, SpGK, Pudek III dr. Muhammad Rusda, SpOG (K), Ketua Panitia Bakti Sosial dr.Syah Mirsya Warli, SpU serta unsur panitia dan beberapa orang mahasiswa di Ruang Pudek II FK USU, Sabtu (28/1) lalu.
Ketua Panitia dr. Syah Mirsya Warli, Sp.U menegaskan bahwa acara bakti sosial akan diisi dengan pemeriksaan kesehatan gratis, pengobatan gratis, operasi katarak, operasi bibir sumbing, deteksi dini kanker payudara dan prostat, pemeriksaan THT, pemberian kaca mata serta kegiatan lainnya.
“Bakti sosial dilaksanakan selama 4 hari sejak Senin (31/1) di Sipirok, Padangsidimpuan dan Penyabungan. Ada sekitar 182 personil dosen dan mahasiswa yang turun langsung melaksanakan bakti sosial di dua kabupaten ini,” paparnya.
Dengan adanya bantuan kaca mata, tongkat untuk tunanetra dan pemberian kaki palsu serta tangan palsu dari YSKI, kata Dekan FK USU Prof. Gontar A Siregar akan memberi dampak besar bagi masyarakat yang sangat membutuhkan.
“Mudah-mudahan kerja sama ini terus berlanjut agar masyarakat dari kelompok kurang mampu dan kesulitan dalam memenuhi biaya pengobatan dapat terbantu,” papar Siregar.
Sementara Pembina YSKI Dr. RE Nainggolan menegaskan bahwa program YSKI ke depan adalah tetap mengedepankan kepedulian terhadap sesama manusia ciptaan Tuhan, terutama dari kalangan kurang mampu. Tahun 2011 lalu, ada sekitar 198 ribu orang yang telah mendapatkan bantuan pengobatan dan yang lainnya dari YSKI.
“Kegiatan sosial yang telah kita lakukan antara lain memberikan kaki palsu, tangan palsu, kursi roda, pangkas rambut untuk lansia, pemberian kaca mata baca, tongkat untuk tunanetra dan bentuk bantuan sosial lainnya,” papar Nainggolan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar